Memperhatikan kelistrikan pada mobil merupakah hal yang mutlak kita lakukan, mengingat banyak sekali kecelakaan mobil terbakar karena kurang diperhatikannya masalah kelistrikan, perawatan kelistrikan pada mobil yaitu meliputi kelistrikan mesin dan kelistrikan body. Pada kelistrikan mesin meliputi sistem starter, charge maupun sistem pengapian pada mobil. untuk mobil-mobil asal negara gingseng Korea selatan tidak ada perbedaan dalam merawat kelistrikannya dengan mobil jepang.
Berikut ini beberapa perawatan pada sistem kelistrikan mobil
yang perlu ketahui :
Sistem Charging pada
mobil menajadi sumber energi buat menghidupkan mesin. Selain itu sistem
pengisian pada batterai juga sangat penting supaya saat start mesin maka
baterai akan siap dipakai. Sistem pengisian ini adalah pengisian arus listrik dari
alternator(pembangkit) menuju aki . Pengisian aki diharapkan supaya suplai arus
listrik tetap terjaga saat mesin mobil bisa dinyalakan. Sistem pengisian ini sangat
berfungsi sebagai penyedia energi listrik dan dalam pengisian baterai hingga
penuh. Sistem pengisian terdiri dari aki dan kunci kontak.
Kunci kontak, supaya kunci kontak tetap awet dan bisa bekerja
dengan normal, anda bisa merawatnya dengan
cara penggunaan yang tepat. Jangan menggunakan kunci kontak pada kendaraan lain
atau mengunakan kunci kontak dengan paksa. Jika kunci kontak dipakai dengan
tidak wajar, hal ini akan merusak kunci menjadi tidak bisa digunakan untuk
menghidupkan kendaraan yang sebenarnya.
Perawatan aki, aki atau batterai pada mobil maupun motor,
hal ini perlu dirawat, bukan hanya untuk membantu kerja mesin mobil namun juga
untuk menghemat biaya. Perawatan aki dapat dilakukan dengan cara penggantian
aki yang tepat. Aki mobil biasanya mampu bertahan hingga 4 tahun, jadi anda
bisa mengantinya dalam jangka waktu tersebut. Selain itu perawatan aki juga dapat
dilakukan dengan cara pengecekan tiap bulan terutama beban aki. Cara mengecek
beban aki, adalah dengan menggunakan ampare meter, nyalakan mesin, lalu
nyalakan listrik mobil 1 per satu seperti lampu, ac, audio, dll. Lihatlah pada
ampare meter apakah terjadi penurunan voltase pada aki, kalau iya berarti Aki
mobil anda kekurangan daya atau sudah lemah dan perlu diganti.
Bila aki kekurangan daya maka kerjanya pun tidak bisa
maksimal dan bisa mempengaruhi mesin mobil. Kedua, mengecek kabel aki, apakah
terikat kuat atau tidak pada terminal. Jika kabel kendor maka anda dapat memperbaikinya
supaya listrik tetap terhubung dengan aki. Anda juga harus rajin membersihkan
aki supaya kotoran serta kerak pada terminal aki dibersihkan. Gunakan baking
soda yang dicampur dengan sedikit air untuk menghilangkan kerak dan juga
kotoran pada aki.
Elektrolit Eccu, seringkali kita lupa dengan dengan cairan
elektrolit pada aki, hal ini penting untuk mobil anda, oleh sebab itu anda bisa
memeriksakan elektrolit aki secara berkala 2 minggu sekali dan juga
berhati-hatilah saat anda menambahkan air suling pada elektrolit jangan tumpah
dan melebar kemana2 karena dapat menimbulkan karat. Yang terakhir perlu anda
perhatikan dalam perawatan aki mobil ialah dengan memperhatikan waktu setrum
aki.
Hindari overcharging pada aki yang idle, jangan terlalu lama
men-charge aki karena semakin lama anda mencharge akan membuat beberapa
komponen pada aki menjadi rusak.
Alternator, perawatan alternator pada mobil sangatlah
sederhana, anda hanya mencheck dan membersihkannya, selain itu tidak ada
perawatan berkala namun ketika alternator mulai soak atau rusak, anda cukup
mengantinya atau mengganti beberapa komponen yang ada didalamnya. Biasanya
alternator akan bertahan hingga 5 tahun lebih. Supaya anda tidak mengganti
komponen-komponen pada alternator terlalu banyak maka cara yang tepat ialah dengan
mengganti beberapa komponen utama pada alternator tersebut. Cobalah ganti penyearah
arus dan pengatur voltase pada tahap awal.
Sistem pengapian, system pengapian pada mobil meliputi Delco
atau distributor periksalah jangan sampai ada kebocoran arus, cable Busi check apakah ada yang rusak
biasanya disebabkan gigitan tikus, Coil, coil adalah kumparan berupa lilitan
kawat didalamnya, coil berfungsi manaikan tegangan untuk pengapian busi,
perisalah coil mobil anda dari tampias air waktu hujan atau kebocoran listrik, pengecheckan
kebocoran listrik pada system pengapian dapat dilakukan di ruangan yang gelap
lalu periksalah apakah ada lompatan-lompatan bunga api pada bagian pengapian
mobil anda.
Starter, bagian ini meliputi dinamo starter, relay, sekring,
dan switch starter pada kuncil kontak, bila anda mengabaikan bagian mobil satu
ini maka kinerja mobil akan terganggu karena mobil sulit untuk dinyalakan.
Starter yang baik akan bekerja dengan maksimal, bila starter mengalami
kerusakan ringan, anda bisa memperbaikinya untuk perawatan terbaik. Jika anda
mengalami masalah pada starter ketika menggunakannya maka anda bisa
memperbaikinya dengan cara melakukan diagnose ringan yaitu menghubungkan probe pada bagian belakang
baterai secara bersamaan. Jika ini tidak berhasil, anda bisa memperbaiki dinamo
(probe) starter pada bengkel ampare mobil. Nah, sebelum hal ini membuat anda
repot, anda bisa memeriksa starter mobil secara rutin supaya starter tidak
mengalami kerusakan fatal.
Posting Komentar