Fungsi Coil atau ignition coil pada mobil sangatlah penting,
sebagai bagian pengapian system pembakaran mesin mobil, prinsip kerja Coil
mobil ialah sebagai peninggi atau Step Up tegangan dari 12 Volt menjadi 20.000 –
30.000 Volt agar tercipta lompatan api pada busi yang menghasilkan ledakan bila
disemprot bahan bakar, sebenarnya Coil merupakan Trafo step up yang berisi gulungan
kawat terdiri dari gulungan kawat primer dan gulungan kawat secunder.
Ada dua Jenis Coil yang diterapkan pada mobil, yaitu :
Pada System ini antara Coil dan
busi menggunakan perantara yaitu kabel busi, system ini dipakai bagi mobil-mobil
yang memiliki pengapian distributor atau yang tidak (menggunkan Sensor CKP).
Coil yang menempel dengan Busi
Pada System ini memiliki banyak Coil sebanyak jumlah busi
yang harus terpasang, pada System ini memiliki kelebihan minim kebocoran muatan
listrik, sehingga pembakaran efektif.
Seperti halnya onderdil yang lain Coil juga rentan akan
kerusakan, keluhan yang dirasakan bila Coil akan rusak adalah :
Mobil tiba-tiba mati sendiri, mungkin bila sudah panas Coil
jadi bermasalah, kalau ini terjadi cobalah dinginkan, tutup dengan kain basah
kemudian tunggu beberapa saat coba lagi.
Mesin mobil sulit dihidupkan, check buka kabel busi lalu memasukkan
obeng kedalam lubangnya kemudian tempelkan ke masa, lalu start apakah keluar
bunga api atau tidak. Kalau tidak berarti Coil sudah mati.
Mobil mati ketika terkena cipratan Air, Coil yang bermasalah
tidak bisa menerima treatmen perubahan suhu yang drastis dari panas ke dingin,
atau terjadi kebocoran sehingga air mudah masuk ke dalam gulungan kabel
Mobil running dengan tidak stabil, ini terjadi pada mobil dengan
System Coil langsung ke Busi, kemungkinan salah satu Coilnya masalah dan tidak
mungkin ada dua yang masalah karena mesin masih bisa hidup, untuk mengecheck
mana yang mati coba nyalakan mesin, kemudian cabut satu persatu, temukan Coil yang bila dicabut mesin tetap
nyala itulah Coil yang bermasalah.
Demikianlah semoga dapat pengetahuan yang berguna, terima kasih sudah mau baca.
+ comments + 15 comments
Saya punya kia visto sudah diganti coil arus dari kabel businya masih tidak ada.mohon solusinya makasih yg tak hingga.
Knp bisa ganti coil awal knp?
Gan mau sharing nih...kia visto ane ganti coil (merk hyunil) ane ganti coil karena coil yg lama (merk hyunil) di sekitar cop kabel keluar percikan api yg dangat besar,itu membuat laju visto ane jadi tersendat.perubahan setelah ane ganti coil percikan api nya masih ada tapi sedikit.pernah ane ciba ganti kabel coil ke delco tidak berpengaruh,tetep ada percikan di sekitar cop coil...apakah itu karena delco nya yg tidak normal? Mohon pencerahanya...thanks
gan mohon pencerahan mobil saya ngebul sudah turun mesin tapi masih berasap banyak..1 piston hitam ada pembakaran yg 3 piston putih...mobil pincang...saya gunakan coil ND yg biasa pake di mobil kijang ..apa pengaruh ya pembakarannya sehingga 3 seher saya putih seperti baru..
mohon pencerahannya
Kia visto ku kok klw kena percikan air Dia suara tersendat sendat trus mati tolong pencerahanx
Kia visto ku kok klw kena percikan air Dia suara tersendat sendat trus mati tolong pencerahanx
Kia visto ku kok klw kena percikan air Dia suara tersendat sendat trus mati tolong pencerahanx
Sama seperti kia visto saya om. Keluar percikan api di sekitar kop kabel busi. Kira-kira dmna letak permasalahan ya om.
Coil nya udah lemah atau delco nya ya ?
Gan mobil ku hyundai getz thn 2004, permasalahan nya, api dari baterai ke coli ada, dari coil ke busi tidak kluar percikan api, dan setelah saya ganti coli baru, tidak juga keluar percikan api ke busi, masalah nya dimna ya gan?? Mohon pencerahannya gan...
Kasus sama, setelah ganti coil (bukan merk Hyunil) ada percikan api d sekitar cap Delco, sudah d ganti cap Delco masih tetap Sama,. Kemudian saya selaer d sekeliling cap Delco tidak ada percikan api yg keluar namun masih terdengar bunyi loncatan bunga api kali ini sepertinya d dalam dan pada saat seperti itu nyala mesin seperti tersendat. Kemungkinan terakhir harus ganti coil Dengan yg original
Mobil kia visto mati mendadak. Stelah di periksa koil tinda mengeluarkan api. Sudah ganti koil tetap tidak ada api.
Ganti distribur dgn yg ori.bos
Koil atoz letaknya dimana ya gan? Nempel sama distributor kah?
Koil atoz letaknya dimana ya gan? Nempel sama distributor kah?
Mobil visto distarter tidak nyala apakah sensor ckpnya pak
Posting Komentar