Merawat Mesin Injection

Kamis, 11 Desember 2014 | comments (1)



Mesin injeksi saat ini sudah menjadi hal yang standar bagi mobil-mobil keluaran baru, berbeda dengan mesin mobil menggunakan karburator yang penyemprotan bensinnya berasal hisapan dari piston untuk system injeksi penyemprotan bensin dilakukan pada saat yang tepat sebelum busi mengeluarkan api yang diatur oleh sebuah komputer yang dinamakan Electronic Control Unit (ECU). Sehingga pembakaran sangatlah effective dan efficient, yang akhirnya bisa menghemat bahan bakar.


Dalam hal perawatan, mesin injeksi tergolong lebih mudah dibanding dengan mesin karburator, kalau mesin dengan karburator kita harus membongkar karburatornya lalu membersihkannya, untuk mesin injeksi yang harus diperhatikan adalah mesin harus bersih dari karbon-karbon yang menempel pada injector, valve, atau piston sisa pembakaran, itulah sebabnya pabrik selalu merekomendasikan menggunakan bahan bakar beroktan tinggi dan non timbal, agar karbon sisa pembakarannya tidak terlalu banyak menumpuk

Selanjutnya akan dijelaskan bagaimana membersihkan karbon pada mobil injeksi yang pertama membersihkan injector bahan bakar, anda bisa menggunakan STP injector cleaner yang banyak di jual dipasaran dimasukkan dalam tangki bensin dengan ukuran tertentu (baca petunjuk penggunaan).
Kedua untuk membersihkan Valve anda bisa melakukan cara ini, pertama buka selang antara filter udara dan manifold intake, lalu nyalakan mesin hingga 5 menit, lalu semprot carbon cleaner kedalam manifold intake berulang-ulang.

Terakhir untuk menghilangkan karbon pada permukaan piston anda bisa menggunakan carbon cleaner yang ber detergent, yang harus anda lakukan adalah membuka Busi pada mesin lalu semprot carbon cleaner ber detergent kedalam ruang bakar lewat lubang busi dengan menggunakan selang extension, semprot hingga busanya memenuhi ruang bakar, lalu tunggu hingga 30 menit, setelah itu kocok mesin dengan men starter mesin (halangi lubang busi dengan koran atau kain bekas agar cipratannya tidak kemana-mana), lalu pasang kembali busi, kemudian nyalakan mesin(pertama kali starter mesin akan sulit hidup, terus saja men starter hingga nyala), untuk membilasnya semprot kembali carbon cleaner biasa ke dalam manifold intake.

Sekian selamat mencoba


Share this article :

+ comments + 1 comments

Posting Komentar

Komentar Anda

Subscribe

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. MOBIL KOREA - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger