Distributor Delco Problem Mobil Visto

Rabu, 07 Januari 2015 | comments



Bagi anda pengguna KIA visto atau hyundai kelahiran generasi pertama yang tahun 2000 - 2001 tentu sama dengan saya, yang mana system pengapian masih menggunakan Distributor atau yang lebih dikenal dengan nama Delco.


Komponen ini terdiri dari mangkok delco, Rotor yang berputar ditengah dan CDI yang berada di dalam cover delco.

Delco atau distributor terpasang dan menempel pada camshaft dan pergerakannya mengikuti dan terkait dengan noken as, tugasnya mendistribusikan pengapian dari Koil ke arah busi, yang mana busi ini akan menembakkan api didalam Cilinder yang kaya dengan kabut bensin yang disemprotkan oleh Nozzle. sehingga terjadilah pembakaran yang mendorong piston kebawah, dan ini berulang secara simultan.

Sebagaimana part lainnya Delco memiliki umur atau masa pakai, bila sudah terlalu lama dipakai maka akan muncul kerak di mata rotor dan kaki-kaki pada Delco, sebaiknya anda lakukan mengecheckan setiap 20 ribu KM. 

cara membersihkannya mudah, cukup anda lepas kabel busi terlebih dahulu lalu buka baut mangkok delco, setelah itu tari perlahan maka akan terlihat juga rotornya.
untuk pembersihannya pertama bisa dikikir sedikit demi sedikit jangan terlalu keras, karena  akan menyebabkan kaki delco tergerus terlalu banyak, setelah itu bersihkan dengan cairan carbon cleaner. residu bekas kikir jangan dibiarkan, semprot bagian dalam delco dengan cairan carbon cleaner, 

kemudian periksa carbon arang yang ditengah dalam mangkok yang terhubung dengan rotor, kikir tipis mata rotor lalu bersihkan.

selanjutnya bersihkan connector kabel busi, lihat apakah ada tanda-tanda bekas terbakar, kalau ada berarti connector terlalu renggang, anda bisa merenggangkannya sendiri dengan tang lancip.

yang terakhir anda harus pastikan tidak ada lagi yang tersisa didalam mangkok delco, penulis pernah ngalamin sponge kawat tersisa sedikit dalam mangkok, akibatkan mesin sering mengalami lost fire, dan tersendat.

Demikianlah selamat mencoba 

selain mangkok delco yang tidak kalah penting ialah roto
 
Share this article :

Posting Komentar

Komentar Anda

Subscribe

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. MOBIL KOREA - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger