Kelistrikan Mobil Korea

Minggu, 21 Desember 2014 | comments




Memperhatikan kelistrikan pada mobil merupakah hal yang mutlak kita lakukan, mengingat banyak sekali kecelakaan mobil terbakar karena kurang diperhatikannya masalah kelistrikan, perawatan  kelistrikan pada mobil yaitu meliputi kelistrikan mesin dan kelistrikan body. Pada kelistrikan mesin meliputi sistem starter, charge maupun sistem pengapian pada mobil. untuk mobil-mobil asal negara gingseng Korea selatan tidak ada perbedaan dalam merawat kelistrikannya dengan mobil jepang.


Berikut ini beberapa perawatan pada sistem kelistrikan mobil yang perlu ketahui :
Sistem Charging pada mobil menajadi sumber energi buat menghidupkan mesin. Selain itu sistem pengisian pada batterai juga sangat penting supaya saat start mesin maka baterai akan siap dipakai. Sistem pengisian ini adalah pengisian arus listrik dari alternator(pembangkit) menuju aki . Pengisian aki diharapkan supaya suplai arus listrik tetap terjaga saat mesin mobil bisa dinyalakan. Sistem pengisian ini sangat berfungsi sebagai penyedia energi listrik dan dalam pengisian baterai hingga penuh. Sistem pengisian terdiri dari aki dan kunci kontak.


Kunci kontak, supaya  kunci kontak tetap awet dan bisa bekerja dengan normal,  anda bisa merawatnya dengan cara penggunaan yang tepat. Jangan menggunakan kunci kontak pada kendaraan lain atau mengunakan kunci kontak dengan paksa. Jika kunci kontak dipakai dengan tidak wajar, hal ini akan merusak kunci menjadi tidak bisa digunakan untuk menghidupkan kendaraan yang sebenarnya.


Perawatan aki, aki atau batterai pada mobil maupun motor, hal ini perlu dirawat, bukan hanya untuk membantu kerja mesin mobil namun juga untuk menghemat biaya. Perawatan aki dapat dilakukan dengan cara penggantian aki yang tepat. Aki mobil biasanya mampu bertahan hingga 4 tahun, jadi anda bisa mengantinya dalam jangka waktu tersebut. Selain itu perawatan aki juga dapat dilakukan dengan cara pengecekan tiap bulan terutama beban aki. Cara mengecek beban aki, adalah dengan menggunakan ampare meter, nyalakan mesin, lalu nyalakan listrik mobil 1 per satu seperti lampu, ac, audio, dll. Lihatlah pada ampare meter apakah terjadi penurunan voltase pada aki, kalau iya berarti Aki mobil anda kekurangan daya atau sudah lemah dan perlu diganti.

Bila aki kekurangan daya maka kerjanya pun tidak bisa maksimal dan bisa mempengaruhi mesin mobil. Kedua, mengecek kabel aki, apakah terikat kuat atau tidak pada terminal. Jika kabel kendor maka anda dapat memperbaikinya supaya listrik tetap terhubung dengan aki. Anda juga harus rajin membersihkan aki supaya kotoran serta kerak pada terminal aki dibersihkan. Gunakan baking soda yang dicampur dengan sedikit air untuk menghilangkan kerak dan juga kotoran pada aki.

Elektrolit Eccu, seringkali kita lupa dengan dengan cairan elektrolit pada aki, hal ini penting untuk mobil anda, oleh sebab itu anda bisa memeriksakan elektrolit aki secara berkala 2 minggu sekali dan juga berhati-hatilah saat anda menambahkan air suling pada elektrolit jangan tumpah dan melebar kemana2 karena dapat menimbulkan karat. Yang terakhir perlu anda perhatikan dalam perawatan aki mobil ialah dengan memperhatikan waktu setrum aki.
Hindari overcharging pada aki yang idle, jangan terlalu lama men-charge aki karena semakin lama anda mencharge akan membuat beberapa komponen pada aki menjadi rusak.


Alternator, perawatan alternator pada mobil sangatlah sederhana, anda hanya mencheck dan membersihkannya, selain itu tidak ada perawatan berkala namun ketika alternator mulai soak atau rusak, anda cukup mengantinya atau mengganti beberapa komponen yang ada didalamnya. Biasanya alternator akan bertahan hingga 5 tahun lebih. Supaya anda tidak mengganti komponen-komponen pada alternator terlalu banyak maka cara yang tepat ialah dengan mengganti beberapa komponen utama pada alternator tersebut. Cobalah ganti penyearah arus dan pengatur voltase pada tahap awal.

Sistem pengapian, system pengapian pada mobil meliputi Delco atau distributor periksalah jangan sampai ada kebocoran arus,  cable Busi check apakah ada yang rusak biasanya disebabkan gigitan tikus, Coil, coil adalah kumparan berupa lilitan kawat didalamnya, coil berfungsi manaikan tegangan untuk pengapian busi, perisalah coil mobil anda dari tampias air waktu hujan atau kebocoran listrik, pengecheckan kebocoran listrik pada system pengapian dapat dilakukan di ruangan yang gelap lalu periksalah apakah ada lompatan-lompatan bunga api pada bagian pengapian mobil anda.

 
Starter, bagian ini meliputi dinamo starter, relay, sekring, dan switch starter pada kuncil kontak, bila anda mengabaikan bagian mobil satu ini maka kinerja mobil akan terganggu karena mobil sulit untuk dinyalakan. Starter yang baik akan bekerja dengan maksimal, bila starter mengalami kerusakan ringan, anda bisa memperbaikinya untuk perawatan terbaik. Jika anda mengalami masalah pada starter ketika menggunakannya maka anda bisa memperbaikinya dengan cara melakukan diagnose ringan yaitu  menghubungkan probe pada bagian belakang baterai secara bersamaan. Jika ini tidak berhasil, anda bisa memperbaiki dinamo (probe) starter pada bengkel ampare mobil. Nah, sebelum hal ini membuat anda repot, anda bisa memeriksa starter mobil secara rutin supaya starter tidak mengalami kerusakan fatal.
Share this article :

Posting Komentar

Komentar Anda

Subscribe

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. MOBIL KOREA - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger