COIL Mobil dan Indikasi Kerusakan

Selasa, 18 Agustus 2015 | comments (15)




Fungsi Coil atau ignition coil pada mobil sangatlah penting, sebagai bagian pengapian system pembakaran mesin mobil, prinsip kerja Coil mobil ialah sebagai peninggi atau Step Up tegangan dari 12 Volt menjadi 20.000 – 30.000 Volt agar tercipta lompatan api pada busi yang menghasilkan ledakan bila disemprot bahan bakar, sebenarnya Coil merupakan Trafo step up yang berisi gulungan kawat terdiri dari gulungan kawat primer dan gulungan kawat secunder.

Ada dua Jenis Coil yang diterapkan pada mobil, yaitu :

Coil yang terpisah dengan Busi

Pada System ini antara Coil dan busi menggunakan perantara yaitu kabel busi, system ini dipakai bagi mobil-mobil yang memiliki pengapian distributor atau yang tidak (menggunkan Sensor CKP).

Coil yang menempel dengan Busi
Pada System ini memiliki banyak Coil sebanyak jumlah busi yang harus terpasang, pada System ini memiliki kelebihan minim kebocoran muatan listrik, sehingga pembakaran efektif.

Seperti halnya onderdil yang lain Coil juga rentan akan kerusakan, keluhan yang dirasakan bila Coil akan rusak adalah :

Mobil tiba-tiba mati sendiri, mungkin bila sudah panas Coil jadi bermasalah, kalau ini terjadi cobalah dinginkan, tutup dengan kain basah kemudian tunggu beberapa saat coba lagi.

Mesin mobil sulit dihidupkan, check buka kabel busi lalu memasukkan obeng kedalam lubangnya kemudian tempelkan ke masa, lalu start apakah keluar bunga api atau tidak. Kalau tidak berarti Coil sudah mati.

Mobil mati ketika terkena cipratan Air, Coil yang bermasalah tidak bisa menerima treatmen perubahan suhu yang drastis dari panas ke dingin, atau terjadi kebocoran sehingga air mudah masuk ke dalam gulungan kabel

Mobil running dengan tidak stabil, ini terjadi pada mobil dengan System Coil langsung ke Busi, kemungkinan salah satu Coilnya masalah dan tidak mungkin ada dua yang masalah karena mesin masih bisa hidup, untuk mengecheck mana yang mati coba nyalakan mesin, kemudian cabut satu persatu,  temukan Coil yang bila dicabut mesin tetap nyala itulah Coil yang bermasalah.

Demikianlah semoga dapat pengetahuan yang berguna, terima kasih sudah mau baca. 


Share this article :

+ comments + 15 comments

21 Oktober 2018 pukul 05.29

Saya punya kia visto sudah diganti coil arus dari kabel businya masih tidak ada.mohon solusinya makasih yg tak hingga.

7 November 2018 pukul 16.59

Knp bisa ganti coil awal knp?

22 April 2019 pukul 18.36

Gan mau sharing nih...kia visto ane ganti coil (merk hyunil) ane ganti coil karena coil yg lama (merk hyunil) di sekitar cop kabel keluar percikan api yg dangat besar,itu membuat laju visto ane jadi tersendat.perubahan setelah ane ganti coil percikan api nya masih ada tapi sedikit.pernah ane ciba ganti kabel coil ke delco tidak berpengaruh,tetep ada percikan di sekitar cop coil...apakah itu karena delco nya yg tidak normal? Mohon pencerahanya...thanks

22 Juni 2019 pukul 08.33

gan mohon pencerahan mobil saya ngebul sudah turun mesin tapi masih berasap banyak..1 piston hitam ada pembakaran yg 3 piston putih...mobil pincang...saya gunakan coil ND yg biasa pake di mobil kijang ..apa pengaruh ya pembakarannya sehingga 3 seher saya putih seperti baru..
mohon pencerahannya

26 Juli 2019 pukul 19.10

Kia visto ku kok klw kena percikan air Dia suara tersendat sendat trus mati tolong pencerahanx

26 Juli 2019 pukul 19.10

Kia visto ku kok klw kena percikan air Dia suara tersendat sendat trus mati tolong pencerahanx

26 Juli 2019 pukul 19.10

Kia visto ku kok klw kena percikan air Dia suara tersendat sendat trus mati tolong pencerahanx

19 November 2019 pukul 06.08

Sama seperti kia visto saya om. Keluar percikan api di sekitar kop kabel busi. Kira-kira dmna letak permasalahan ya om.
Coil nya udah lemah atau delco nya ya ?

13 Mei 2020 pukul 08.37

Gan mobil ku hyundai getz thn 2004, permasalahan nya, api dari baterai ke coli ada, dari coil ke busi tidak kluar percikan api, dan setelah saya ganti coli baru, tidak juga keluar percikan api ke busi, masalah nya dimna ya gan?? Mohon pencerahannya gan...

22 Agustus 2020 pukul 05.19

Kasus sama, setelah ganti coil (bukan merk Hyunil) ada percikan api d sekitar cap Delco, sudah d ganti cap Delco masih tetap Sama,. Kemudian saya selaer d sekeliling cap Delco tidak ada percikan api yg keluar namun masih terdengar bunyi loncatan bunga api kali ini sepertinya d dalam dan pada saat seperti itu nyala mesin seperti tersendat. Kemungkinan terakhir harus ganti coil Dengan yg original

25 Agustus 2020 pukul 00.57

Mobil kia visto mati mendadak. Stelah di periksa koil tinda mengeluarkan api. Sudah ganti koil tetap tidak ada api.

8 September 2020 pukul 19.26

Ganti distribur dgn yg ori.bos

15 Desember 2020 pukul 23.18

Koil atoz letaknya dimana ya gan? Nempel sama distributor kah?

15 Desember 2020 pukul 23.18

Koil atoz letaknya dimana ya gan? Nempel sama distributor kah?

26 Mei 2021 pukul 07.15

Mobil visto distarter tidak nyala apakah sensor ckpnya pak

Posting Komentar

Komentar Anda

Subscribe

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. MOBIL KOREA - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger