Mobil Mogok Di jalan

Senin, 29 Desember 2014 | comments




Mobil mogok dijalan, merupakan mimpi buruk bagi para pengendara mobil, apalagi untuk mobil korea tahun tua diatas 5 tahun bila tidak dirawat dengan benar maka akan rawan sekali terjadi mogok dijalan. Yang penting yang harus anda lakukan saat mobil mogok dijalan adalah meminggirkan mobil kepinggir jalan.  Kalau anda tidak bisa meminggirkannya sendiri anda bisa minta bantuan orang lain untuk meminggirkan mobil anda.

Setelah mobil di pinggirkan, coba lagi menstarter mobil anda kembali siapa tau keajaiban datang mobil anda bisa hidup lagi hehe,  namun bila tidak bisa lagi mari kita bahas kelanjutannya, perlu anda ketahui penyebab mobil mogok, ini bisa anda lakukan untuk mengetahui penyebab mesin mati tiba-tiba : 

  1. Periksa temperature mesin, temperature yang tinggi dapat membuat automatic shutdown mobil anda bekerja, dimana jika temperature yang terlalu tinggi dapat membahayakan mobil anda, buka kab mesin lalu coba check sbb :Air radiator apakah habis atau masih ada, kalau habis anda bisa mencari air untuk diisikan ke tangki radiator, kemudian coba hidupkan kembali mobil anda setelah menunggu beberapa saat.Fan radiator, check fan radiator apakah berjalan dengan normal, untuk menchecknya anda harus mencabut kabel yang tersambung ke sensor suhu (Sensor suhu terdapat di housing thermostat mobil), kalau fan berputar maka tidak masalah.
  2.  Periksa pengapian mesin mobil, untuk mengechecknya yang pertama anda harus lakukan ialah mencabut busi, kemudian pasang lagi di luar sililnder dan tempelkan body busi ke masa, kemudian starter mesin sebentar apakah keluar apinya, kalau tidak keluar api, kemungkinan problem pada koil, CDI, atau distributor (bagi mobil yang masih pakai delco).
  3. Periksa keluarnya bahan bakar, starter mesin mobil anda beberapa saat kemudian keluarkan busi dari cylinder, kalau bensin keluar anda bisa check pada busi apakah terlihat basah atau ada bau bensin, jika memang tidak ada basah dan bau bensin itu artinya tidak ada bensin yang keluar, kemungkinan ada gangguan pada fuel pump atau pipa bensin dan filter bensin kotor atau tersumbat, untuk mobil yang masih system karburator, bisa saja aliran bensin tidak lancar didalam karburator. Ada tips untuk anda agar si bensin dapat ditarik keluar, buka selang filter udara pada intake manifold, tutup intake manifold dengan telapak tangan anda lalu starter, tangan anda akan terhisap dan bila anda lepas tangan anda akan basah dengan bensin kalau tidak basah berarti anda perlu mengulanginya beberapa kali sampai keluar bensin. 
  4. Timing Belt, periksa timing belt apakah putus atau tidak, Gejala timing belt putus ialah kalau mobil distater akan terasa ringan tanpa adanya beban, ini terjadi karena camshaft as tidak berputar,  sedangkan fungsi dari Timing Belt ialah buat menghubungkan camshaft as dan crankshaft as supaya Camshaft dapat berputar sesuai putaran crankshaft. Kalau memang putus sepertinya anda akan keluar uang lebih banyak dapat dibayangkan saat mesin sedang bekerja otomatis kondisi katup hisap dan katup buang akan menonjol kedalam ruang bakar secara bergantian.  Bila secara tiba-tiba timing belt itu putus maka mengakibatkan katup (klep) bertabrakan dengan piston (seher), sehingga katup bisa patah dan piston bisa hancur. Kemudian mobil anda akhirnya harus turun mesin ganti piston dan katup.

Demikianlah berbagi pengalaman semoga kita diselamatkan dijalan hingga sampai tujuan.


Share this article :

Posting Komentar

Komentar Anda

Subscribe

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. MOBIL KOREA - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger