Problem ISC Bisa menyebabkan RPM tidak stabil

Selasa, 23 Desember 2014 | comments (85)





ISC atau Idle Speed Control sering juga disebut Actuator, yaitu bagian pada mobil injeksi yang berfungsi untuk mengunci stabilisasi kecepatan putaran pada mesin (RPM).  Tanpa ISC atau actuator mesin mobil anda akan mati seketika bila anda menyalakan AC. Berbeda dengan mesin karburator  yang ISCnya terletak di distributor atau Delco, pada mobil-mobil bermesin injeksi ISC terletak di tabung manifold mesin injeksi.
Di dalam ISC atau actuator ini terdapat beberapa bagian yaitu :


  1. Dinamo atau motor berfungsi sebagai penggerak katup
  2. katup buka tutup ISC yang berfungsi menutup dan membuka udara yang masuk ke manifold,
  3. Bodi ISC yang mengatur arah udara masuk dan keluar.

Prinsip kerja dari ISC ini adalah bypass udara yang masuk, yang normalnya lewat intake manifold, dengan ISC udara juga bisa masuk lubang intake dan outake ISC, system kerjanya terdapat katup dengan ulir yang bisa berputar, kadang katup dalam kondisi menutup dan kadang membuka. Pada bodi ISC terdapat 2 lubang, lubang intake dan lubang outtake, pada saat mesin injeksi terlalu vacuum, bagian ISC akan membuka katup udara, sehingga udara dari luar masuk ke intake kemudian keluar melalui katup terbuka kea rah manifold, saat membuka dan menutup ini ISC mendapat perintah dari ECU, ketika kita menyalakan AC.

Itulah uraian singkat mengenai  system kerja dari bagian mobil bernama ISC, kemudian bagaimana kalau mobil injeksi memiliki RPM yang tidak stabil, contohnya saat kita lepas pedal gas maka RPM tidak serta merta turun malah menanjak lalu turun lagi. Kondisi ini sangatlah berbahaya bagi mobil sedang di lokasi terjadinya kemacetan, salah-salah menabrak mobil lain didepannya. 

Lalu apa masalahnya bila RPM ini tidak stabil, yang pertama kita check adalah :
  1. Adakah kebocoran pada selang-selang yang menempel ke manifold, sebab vacuum (kehampaan udara) akan berkurang bila ada kebocoran udara masuk, maka ruang di manifold kaya akan udara sama halnya bila anda membuka katup intake manifold atau menginjak pedal gas,
  2. kemudian jika tidak ada kebocoran selanjutnya pengecheckan dilanjut pada bagian ISC,
  • suspert pertama body dalam ISC kotor, untuk mengatasi yang satu ini anda cukup melepas ISC dari manifold kemudian bersihkan dengan carbon cleaner,
  • suspect pertama adalah katup tidak tertutup sempurna atau terbuka terlalu lebar, untuk mobil korea seperti Kia Visto atau Hyundai Atoz memiliki kelemahan pada motor penggerak katupnya, anda bisa mengaakalinya dengan menutup lubang kearah manifold dengan memberi gasket yang sudah dimodif seperti ini

gasket yang bagus adalah yang tahan lama tapi tidak terlalu keras supaya mudah dibentuk dan dilubangi, anda bisa memanfaatkan kaleng bekas minuman ringan atau sejenisnya.

Setelah selesai pasang lagi ISC dengan gasket ke body manifold jangan lupa gunakan lem sealent sebelum dan sesudah gasket. Nyalakan mesin rasakan perbedaannya antara AC nyala dan AC tidak nyala. kalau ketika idle anda menyalakan AC mesin langsung mati, itu tandanya lubang yang diberikan terlalu kecil atau anda bisa mensetting lagi katup intake manifold agar udara lebih banyak lagi masuk ke manifold.



Share this article :

+ comments + 85 comments

Anonim
14 Mei 2015 pukul 23.45

mantab sudah sy coba di atoz th 2000

30 Juli 2015 pukul 01.49

Klo buat mobil hyundai elantra thun 95 masalahnya sma g mas?? Soalnya elantra gw jga gtu msalahnya.. Jangankan hidup ac, g hidup ac aja g normal rpmnya.. Tlong mas, maslahnya dmana itu y..

10 Agustus 2015 pukul 00.43

terima kasih sebelumnya,
fungsi ISC untuk memasukkan udara lebih pada ruang bakar dengan begitu seperti menginjak pedal gas sedikit supaya RPM mobil terjaga, namun selain ISC hal lain yang harus dicheck adalah :
1. Delco(distributor pengapian) mangkok delco dan rotornya apakah ada yang pecah, bersihkan
2. Busi apakah ada yang mati
mungkin itu dulu yang perlu dicheck

25 Desember 2015 pukul 16.37

Masukannya mantap, Untuk pengguna bmw yang mengalami hal yang sama bisa lihat di link http://bmwproblemsolving.blogspot.co.id/search/label/Engine

16 Februari 2016 pukul 07.50

Serena ane c23,stasioner di atas 1000,yrus kalo di oee ke "D" langsung ngedrop ke 400,dan mesin mati,itu gmn bang?

21 Februari 2016 pukul 22.28

Pak Rachmadi, pertama pastikan dulu ISCnya berfungsi dengan baik dan tidak kotor,
kedua, coba check juga sensor TPS (Throttle position Sensor), TPS mengirim signal ke ECU untuk menambah BBM yang kemudian RPM meningkat mengikuti beban yang ditanggung.

check di scan dengan Engine Scan kalau ada masalah maka akan keluar Errornya.

Terima kasih

Alpin
12 Maret 2016 pukul 18.08

Pak, Chevrolet Spark 800 saya setelah tune up.. Ganti oli, ganti filter udara, ganti filter bensin, dan reset ecu setelah pemakaian setengah hari, tibatiba di tengah jalan engine check menyala.. Diikuti rpm mesin yang naik turun sndiri saat mesin idle.. Saat di gas sedikit, rpm mesin stabil, tetapi saat idle, kembali naik turun.. Itu knp ya Bang.. Galau juga kalo gini...

3 Mei 2016 pukul 00.25

@Alpin..tadi disebutkan ada Engine check menyala..pertama coba reset ECU, caranya lepas kabel negatif pada aki, setelah 30 menit pasang kembali, jika engine check masih menyala umumnya harus dilakukan scan Engine dengan alat scan tool yang ada dibengkel..untuk memudahkan analisa problem.

5 Juli 2016 pukul 00.48

Mesin mati jika lepas pedal gas..apakah bs disebabkan krn ISC retak? Mksh

15 Agustus 2016 pukul 08.11

Maaf tanya,, mobil saya carens 1,,mesin saya saat stasioner itu mesin gerak goncangannya agak keras,,blm sempet ngecek ISC'nya sch,, kyk pengapian telat,, tp stlh diadakan pengecekan pengapian ok,, saya bingung padahal kaki2 sdh bagus,, tapi sampai sekarang mesin masih agak goncang kayak truck times,,, mohon pencerahannya dan infonya,, terima kasih

15 Agustus 2016 pukul 08.11

Maaf tanya,, mobil saya carens 1,,mesin saya saat stasioner itu mesin gerak goncangannya agak keras,,blm sempet ngecek ISC'nya sch,, kyk pengapian telat,, tp stlh diadakan pengecekan pengapian ok,, saya bingung padahal kaki2 sdh bagus,, tapi sampai sekarang mesin masih agak goncang kayak truck times,,, mohon pencerahannya dan infonya,, terima kasih

22 Agustus 2016 pukul 04.46

samani om mobil saya carens 1 matic getarannya jga keras... saya jga bingung.mohon pencerahannya om..

22 Agustus 2016 pukul 04.46

samani om mobil saya carens 1 matic getarannya jga keras... saya jga bingung.mohon pencerahannya om..

29 Agustus 2016 pukul 05.01

Ass..mohon info nya, sedikit. Sy punya mobil kia carens II. Sehabis sy tune up...RPM nya jd di atas seribu...kalo hidup Ac turun...masalah nya di mana ya. Thanxs sebelum nya..

9 September 2016 pukul 19.52

Mohon pencerahan nya ya Pak Ahmad.

lebih sering RPM tidak stabil ini saya alami pada waktu saya ingin memanaskan mesin mobil. Tetapi tidak berkelanjutan smp waktu yang lama, paling Ahmad.r 1 sd 5 menit Pak.

Kebetulan mobil saya KIA Carnival Th.2000 pemakaian 2005.

12 September 2016 pukul 23.07

Mau tanya gan mobil saya kijang efi, setelah saya ganti klep pcv kok rpm mobil saya langsung naik ya, kira2 apanya

24 Oktober 2016 pukul 05.46

Om,saya punya carry extra PU 1.0 Inject rpm turunya lama dan tidak stabil mohon pencerahanya.Balas

24 Oktober 2016 pukul 21.55

Nissan evalia kenapa begitu nyala ac rpm naek turun mesin kasar bunyi berdesit malah mesin kaya mau mati
Mohon info nya tq

10 November 2016 pukul 07.20

Terimakasih atas infonya, mobil saya problem gas tidak setabil

23 November 2016 pukul 03.55

mau tanya dan mohon petunjuk para pakar Atoz, mobil atoz saya tahun 2001 ada masalah saat standby gas terlalu besar..., lalu saya ganti dengan membeli ISC dan TPS baru, setelah dipasang suara lebih halus...hanya besar-nya gas saat standby masih agak besar walau sudah berkurang dari sebelum-nya...., mohon petunjuk mengatasi-nya...agar bisa dapat langsam gas kecil...

17 Desember 2016 pukul 02.57

@amritiano..pak untuk carrens coilnya ada di setiap busi..kemungkinan salah satunya ada yang lemah, menyebabkan pengapian timpang, bisa dicheck satu persatu...

17 Desember 2016 pukul 02.59

@Audi..getaran keras bisa berbagai faktor gan, pertama karet mountingnya sudah keras, kedua stationary mesin tidak langsam, kalau yang kedua ini mungkin problemnya sama dengan pak @amritiano

17 Desember 2016 pukul 03.06

@Alman.. banyak faktor gan, pertama karena ATOZ 2001 biasanya masih pakai Delco, mungkin settingnya terlalu atas, bisa coba diturunkan berlawanan arah jarum jam perlahan dengan sebelumnya mengendurkan 2 bautnya. kedua mungkin selangnya ada yang bocor atau tidak keras koneknya. ketiga setelan tali gas..bisa dicheck

17 Desember 2016 pukul 04.08

@Azis Ramdhan. kalau masalah RPM tidak stabil, kemungkinan problemnya ada di pengapian. untuk carrens bisa dicheck dari setiap coil yang dibusi, kalau salah satunya lemah biasanya agak timpang..

31 Desember 2016 pukul 02.21

Maaf mohon penjelasnya ..mobil saya kIa carens 1 udah hampir dua bulan di bengkel permaslahnya ketika mobil nyala gas tidak berfungsi alias tidak ada tenaganya..mekanik bengkel katanya blm atau permaslahanya..kemaren dah ganti koil ini ktx ganti ISC sama TPS mohon pecrahanya gan..trimakasih

17 Januari 2017 pukul 05.31

untuk agan @Nuruddin.. apakah maksudnya tidak ada tenaga disini adalah tenaganya ngempos...kalau gejala ngempos...biasanya problem aliran bensin..problemnya bisa bermacam2 dari filter bensin yang kotor..fuel pump yang lemah...sampai ke masalah injector

1 Maret 2017 pukul 15.19

Mobil sy Timor DOHC awalnya rpm 1000... isc sdh sy bersihkan hslnya cm turun dikit kisaran 900an klo ac lampu nyala 1000 & TDK stabil...
Apa yg mesti dicek lg ya...

1 Maret 2017 pukul 15.20

Mobil sy Timor DOHC awalnya rpm 1000... isc sdh sy bersihkan hslnya cm turun dikit kisaran 900an klo ac lampu nyala 1000 & TDK stabil...
Apa yg mesti dicek lg ya...

4 Maret 2017 pukul 00.46

Assalamualaikum.
Pak.Ahmad, saya punya mobil Daewoo nexia th 1997.
Gejalanya :
1. RPM tidak mau rendah, diatas 1200, klo dibawah 1200 mesin goyang. Tindakan, saya ganti semua busi, tapi masih sama.
2. Klo ac nya, dan lampu nyala rpm dari 1500 drop jadi 1000, kadang lagi jalan tau tau drop.Saya dan coba semprot tortlle pake foam tune up sama bersihin idle upnya.tapi masih sama.tindakan saya sudah bikinin idle up manual dan vakum kijang di deket tali gasnya, hasilnya rpm makin tinggi.akhirnya di lepas lagi.klo boleh minta nomor hpnya pak ahmad.ini nomor saya 085216061144,terimakasih sebelumnya dan sukses selalu.

10 Maret 2017 pukul 05.50

selamat malam pak ahmad, mobil saya avega th 2008, saya mau tanya kenapa pada saat mobil di gas dan langsung dilepas rpm tidak langsung turun tertahan selama 1 hingga 3 detik baru lah rpm turun. apakah typical mesinnya seperti itu atau memang ada masalah di ISC nya pak? mohon pencerahannya pak

16 Maret 2017 pukul 09.46

Maaf pak ahmad saya mau tanya.mobil saya kia carnival.rpm gak bisa naik hanya sampai di rpm3000.kira kira apanya yang troubel

16 Maret 2017 pukul 09.47

Maaf pak ahmad saya mau tanya.mobil saya kia carnival.rpm gak bisa naik hanya sampai di rpm3000.kira kira apanya yang troubel

21 Juni 2017 pukul 05.45

Saya punya kia visto ISC sudah di ganti sebelum di ISC di ganti gas selalu turun bahkan klu hidupi AC gas selalu turun,setelah ISC saya ganti gas selalu tinggi apalagi klu pake AC tambah tinggi gmn ya

5 Agustus 2017 pukul 21.01

Pak mau tanya , mobil saya opel vectra 2.0 mesin nyala lamsang oke , asupan bahan bakar oke , tetapi pada saat di gas mesin malah mati .. mohon pencerahan nya

12 September 2017 pukul 18.54

Maunaya mas saya punya caren1 rpm ngak stabil apalagi hidup ac. Padahan isc baru. Mohon pencerahan mas

13 September 2017 pukul 05.38

Assalamualaikum,mohon pencerahannya,mobil saya kia sedona tahun 2002 matic,baru ganti isc, kabel akki,kabel busi,tp baru sebulan rpm mulai nauk turun saat idle lalu mesin mati tp klo distarter hidup lagi,apalagi klo ac dihidupkan,terimakasih sebelumnnya

22 September 2017 pukul 23.42

Selamat siang master saya minta petunjuk kalau mobil Corolla DX apakah ada Ics/ Indling speed control. Nya??? Kalau ada kira-kira letak nya di mana/dekat dengan apa Yach..???? Matur sembah suwun...

1 Oktober 2017 pukul 08.07

Selamat malam pak mohon pencerahannya mobil saya kia rio sf 2004 klo mesin nyala trus tapi gas tidak bisa naik klo d gas mesin langsung mati,masalahnya apa ya pak? Thx

24 Oktober 2017 pukul 06.54

mohon info, mobil saya santa fe disesel 2013
sebelumnya mobil saya normal normal aja, namun ketika saya hanti saringan udara saya berinisyatif membuka & membersuhkan hose yh ke turbo, hanya saya ketika saya lupa memasang hose kecil dari intercooler ke saluran turbo, akibatnya rpm gak mau naik hanya dibawah 3000rpm - setelah dipasang kembali kondisinya tetap sama gak mau akselerasi
mohon ada yang bisa bantu ??

13 November 2017 pukul 07.22

Maaf salam kenal dari lamongan..
Mobil saya hyundai atoz..asal mobil tidak ada gejala..setela saya buka isc dan bersi,in mobil sekrang kalo dihidupin susah..sampai aki tekor..apa ya gejalanya...trimaksih

13 November 2017 pukul 07.22

Maaf salam kenal dari lamongan..
Mobil saya hyundai atoz..asal mobil tidak ada gejala..setela saya buka isc dan bersi,in mobil sekrang kalo dihidupin susah..sampai aki tekor..apa ya gejalanya...trimaksih

25 Januari 2018 pukul 03.22

Mau saranya.sy punya mobil greco great corolla. Pada gas d injak rpm lama turunnya,pdhl sdh bersh throtle body tp ttp hasil sama tdk ad perubahan.qra2 apa msalhnya dmn....

22 Februari 2018 pukul 19.31

salam kenal pak, ane pengguna visto 2002, ane punya masalah yg tak kunjung selesai yaitu temperatur naik dan ac gak terasa dingin, itu kalo kena jebak macet selam 1-2 jam temperatur samapai menunjuk angka jan 1 - 2, sehingga ac gak dingin. sudah saya cek semua jalur air pendinginan dan kipas normal semua

11 Juni 2018 pukul 15.07

Minta petunjuk suhu....
Mobil saya hyundai ATOZ 2000. ATOZ saya kalo kondisi cuaca panas trus ac nyala terus setelah berjalan sekitar 60 km tiba2 mesin ngempos , pedal gas diinjak gak mau jalan kaya mesin mau mati kadang sampe mesin bergetar ,saya cek suhu normal. Tp setelah istirahat' 15mnt normal lagi. Tp kalo perjalan 60km ac tdk nyala Normal2 saja. Kira2 isc nya apa tps nya apa yg laenya
Trimakasih

21 Juni 2018 pukul 07.11

Minta maaf Bang saya Mau tanyak mobil saya atoz 2004 masalah sekarang lampu cek engine menyala setelah di scener katanya isc rusak Tpi setelah saya ganti baru masi sama,, dan sekarang malah klo Mau jalan terasa nyendat nyendat bahkan meski sudah jalan pas tanjakan langsung nyendat nyendat tidak ada tenaga mohon bantuanya apa yg harus saya lakukan

21 Juli 2018 pukul 20.51

Terima kasih info yg bermanfaat. Saya pengguna visto 2002. Isc saya beri gasket sehingga waktu idle rpm jadi rendah di bawah 500. Apakah ada dampak buruk bagi mesin mas.

31 Agustus 2018 pukul 12.59

maap... kalo utk T120SS,, GMN cara mengakalinya .? pas mobil masih jalan mesin msh meraung walau udah lepas gas...
mohon silusinya...

10 September 2018 pukul 22.00

Terimakasih artikelnya Sangat Membantu

2 Oktober 2018 pukul 01.30

Salam mas.. accent 2000 saya rpmnya selalu naik turun gak stabil padahal sudah ganti isc dan air flow dan busi ,tapi rpmnya tetap gak stabil.mohon solusinya mas trims.

23 Oktober 2018 pukul 05.38

Mas mqs saya pengguna trajet thn 2000 metic kendala nya rpm nya harus tinggi terus baru bisa jalan knpa ya mas

Anonim
4 November 2018 pukul 21.19

Maaf sebelum nya bos..sya mau nanya.mbil saya hyudai accent 2003..kalau di gas lebih dari setengeh kayak tekor bos mhon bantu pencerahan nya bos..

Anonim
4 November 2018 pukul 21.25

Maaf sebelum nya bos..sya mau nanya.mbil saya hyudai accent 2003..kalau di gas lebih dari setengeh kayak tekor bos mhon bantu pencerahan nya bos..

13 November 2018 pukul 01.50

biasa, nya d tming bisa jga

19 November 2018 pukul 20.04

Met siang pak ahmad,mobil saya hyundai atoz 2004.mobil saya habis ganti water pump.setelah itu jika ac tidak hidup temperatur normal yaitu 1/2 kurang sedikit dan apabila jika ac di hidupin temperatur malah turun jadi 1/4 nya.mohon pencerahanya pak

Asep heryanto
19 November 2018 pukul 20.11

Met siang pak ahmad,mobil saya hyundai atoz 2004 dan mobil saya habis ganti water pump,setelah itu jika mobil sudah panas temperarur normal seperti biasa yaitu 1/2 kurang sedikit,tapi jika ac di nyalakan temperatur malah turun menjadi 1/4 nya dan saya rasa bensin menjadi boros . Mohon pencerahanya oak

7 Januari 2019 pukul 17.39

mobil saya xenia xi 2007. saat dinyalakan kurang lebih 45 menit sampai satu jam rpm naik sendiri sampai 2000rpm. sebum 45 menit mobil hidup secara normal. perbaikan sudah kita lakukan dengan mengganti isc dan hal-hal lainnya. tetapi masalah masih tetap. mohon sharing pengalamannya pak...

22 Januari 2019 pukul 21.40

Idle speed nya apa bila di colok cable nya ke idle speed mati, tapi apa bila tidak di colok hidup normal apa bila tak hidup ac, tapi apa bila di hidup kan bergetar dan bunyi cetak cetak, mohon pencerahan, apa pengaru idle speed yg bukan buatan korea

1 Februari 2019 pukul 00.22

RPm Ayla masih tdk stabil padahal sdh sy bersihkan TB & ISC nya, kira2 apalagi penyebab nya ya pak? Klo cek TPS itu bgm? Terimakasih

3 Mei 2019 pukul 23.05

Slm knal pk ahmad,saya punya mbil picanto 2004,saat idle mesin panas bukaan gas lambat naik tolong solusi nya

6 Juli 2019 pukul 10.05

Salam mas mobil saya nyunday atos kendala gas tidak mau spontan / gas lambat naik, mohon solusinya ??

9 Juli 2019 pukul 00.43

Mohon penjelasannya...mobil sy trajet 2000. Klo baru di nyalakan mesin rpm lsg naik 1500-2000 trus turun ke 1000rpm. Namun ketika hidupkan AC lsg drop dibawah 1000...

16 Juli 2019 pukul 13.21

Nah sama evalia saya jg ac hidup masuk gigi posisi D rpm drop. Tp klo posisi Gigi P normal

20 Juli 2019 pukul 15.49

Saya Asep , mobil saya Picanto 2006 saat itu saya ganti Rotax ternyata problem yang saya rasakan engine brebet di low rpm mohon bantu solusinya

26 Juli 2019 pukul 01.07

mohon penjelasannya, saya habis ganti aki mobil hyundai tucson 2011 sehabis ganti aki rpm naik turun mohon solusinya

23 Agustus 2019 pukul 09.47

Mohon bantuannya, mobil atoz tahun 2000 penyebab bbm nya boros apa ya ?

Anonim
20 September 2019 pukul 19.01

Rasanya gak ada mas..biasanya idlw up dkat kabel gas yg teehubung ke switch ac

dwi s
23 September 2019 pukul 03.38

mau nanya om...atoz 2002 saya td di buka isc nya. terus packing di ganti kertas yang di bentuk. akan tetapi setelah selesai di coba. di gas rpm naik, terus dilepas gas rpm turunnya lama banget. kaya ada jeda turunnya. atau kayak ngancing gitu....kira2 apanya ya om....

28 Oktober 2019 pukul 09.58

mau tny, mobil sya hyundai accent gls thn 2000, kendala kalo mesin panas suka brebet kayak busi mati gt, apkh penyebabnya ISC yg kotor ??
mohon jawabanya admin,trims..

12 Januari 2020 pukul 10.55

mohon solusi nya om . saat oper gigi kopling diinjang rpm meraung naik . saya tetting di isc ny sayarapatkn settingan isc nya . alhasil rpm saat kita coba gas sedikit tmkemudian gas kita pepas itu itu rpm ngedrop dlu ke 100 baru naik lagi. .( isc timor dohc )

11 Mei 2020 pukul 04.24

Ijin mau pencerahan suhu ahmad, mobil sy kia visto. Kabel pengapian ke injeksi bermasalah sehingga bensin tdk bisa keluar, namun kalau dicek melalui aki langsung maka bensin bisa keluar di injektor.
Mohon pencarahan dan solusinya ya bro.
Sebelumnya terima kasih.

22 Mei 2020 pukul 07.30

Mau nanya posisi isc kia rio manual 2012
Dmna?

8 Juni 2020 pukul 01.12

Manifol intek d bersihkan

29 Juni 2020 pukul 09.46

Tolong penjelasannya dong suhu, kabel kabel yg di ISC itu, kabel dari mana aja..!

6 Agustus 2020 pukul 20.01

Bagaimana caranya mengatasi hyundai tucson 2012 tak bisa aidle ? Mohon advice.

18 Mei 2021 pukul 18.45

Om saya punya hyundai trajet 2001 . Ada masalah ketika jalan mesin tiba2 suka mati. Itu di sebab kan karna apa ya.?

24 Mei 2021 pukul 11.09

Mobil saya hyundai Elantra 1995 udah 5bln di bengkel udah ganti klep n timing bel n busi tapi tetep brebet jika jalan pelan .bisays cuma ngebut jalanya mohon solusiys

26 Agustus 2021 pukul 20.33

Maaf suhu mau nanya , yg ad ISC Opel vectra dmna ya jualanya
Salam dari bandar Lampung

3 Oktober 2021 pukul 04.11

Mo tanya gan..Mobil kia carnival bensin saat mesin panas drop ke 300...@pa masalahnya gan..mksih

17 Oktober 2021 pukul 19.08

minta solusinya mas,mobil saya sedan kia rio 2003,masalahnya bila ac dinyalakan,tarikan gasnya berat dan menyendat,dan bila di jalan agak menanjak pakai gigi satupun tidak kuat nenyendat dan mesin hampir mati,jadi solusinya gmnya mas ? makasih

21 Oktober 2021 pukul 15.39

Assalamu'alaikum...pak Ahmad,mobil saya hyundai accent 2004,klu di gas,gasnya ngempos kenapa ya....pak ? Tolong solusinya ya....trima kasih

17 April 2022 pukul 19.48

Haloo pak, mobil saya Visto 2000, ISC aslinya pecah saya lem masih biaa berfungsi. Kmaren saya bersihkan injektor dn trothrl body.. setelah saya pasang rpm malah tinggi, kadang normal trus ting
Saya beli ISC harga 500rb.. dipasang rpm tinggi sekali, saya akali dgn gasket diperkecil... Masih tinggi rmpnga

Anonim
6 Juli 2022 pukul 19.43

Hallo bos mau nanya .klo mesin bergetar saat kita ngehidupin ac itu kenapa ya

Anonim
6 Juli 2022 pukul 19.43

Mobip carens 2

Posting Komentar

Komentar Anda

Subscribe

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. MOBIL KOREA - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger